NAMA : RIO PERMANA PUTRA
KELAS : 2DB11
NPM : 36110007
Dampak buruk internet perlu kita waspadai , karena internet sama saja dengan media lain yang bisa membawa akibat berbeda tergantung penggunaan. Bagaikan pedang bermata dua, internet memiliki sisi bermanfaat dan tidak berguna bahkan buruk.
Awalnya internet dibuat sebagai alat yang membantu manusia untuk menyebarkan berbagai data yang bersifat positif. Namun akhirnya penyimpangan terjadi juga, media internet digunakan sebagai alat untuk menyebarkan hal-hal yang bersifat merugikan dan dalam artian kata lain inilah yang disebut sebagai dampak negatif internet itu sendiri.
Apa saja yang dimaksud dengan dampak negatif internet?. Internet sering diidentikkan dengan dunia tersebarnya berbagai macam media pornografi, baik berbentuk tulisan macam cerita panas, gambar porno, maupun berbentuk video bokep. Sebenarnya bukan hanya pornografi yang menjadi masalah dengan kehadiran internet. Masalah lain yang lebih rumit dan cenderung lebih merugikan orang lain juga turut ada pada media yang disebut-sebut tanpa batas itu.
Secara kategori ada 5 hal akibat negatif internet bagi para penggunanya. Berikut adalah 5 dampak negatif internet tersebut:
Cybersexual addiction
Adalah obsesi untuk melihat, mendownload dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.
Cyber-relational addiction
Adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.
Net gaming
Adalah sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya kerugian dan akhirnya menyebabkan terlilit hutang . Bisa berabe kan?
Information overload
Karena menemukan informasi yang tak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.
Computer addiction
Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.
Dari kelima jenis dampak negatif diatas, maka terlihat memang sangat kompleks masalah yang ditumbulkan oleh internet itu sendiri. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi dari berbagai dampak negatif itu.
Namun semua kembali kepada masing-masing pengguna internet itu sendiri yang harus meminimalisir berbagai resiko yang mungkin akan ditimbulkan oleh media tanpa batas, yang semakin hari, semakin banyak pula manusia di muka bumi menggunakannya..
Senin, 05 Desember 2011
Kamis, 01 Desember 2011
tentang intel
NAMA : RIO PERMANA PUTRA
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
Kalau anda berencana beli komputer bulan-bulan ini, pasti akan bingung (bagi yang awam perkembangan dunia PC). Kok ngga ada lagi namanya Pentium4? well… Pentium4 sudah “dimusnahkan” oleh intel. Sebagai gantinya, Intel mempersembahkan koleksi Intel Dual Core (yang sempat dibuka dengan nama Pentium D). Sama halnya dengan Intel, pesaing terdekatnya, AMD, juga bikin manuver sama. Processor Athelon64 X2? Simpel. Artinya, dalam kepingan prosesor yang anda beli ini, didalamnya terdapat dua inti prosesor. Jadi ini adalah pengembangan dengan membuat multiprosesor dalam keping yang sama. Bisa jadi realisasi mimpi Hyper Threading Intel dulu..
Apa untungnya pakai prosesor dua ini? Lebih cepat tentunya. Karena mereka bekerja secara pararel, bisa saling berbagi tugas dalam memproses data. Tapi jangan keburu happy! Menggunakan dua inti prosesor, BUKAN berarti komputer akan bekerja dua kali lebih cepat lho! Bahkan, dari berbagai hasil benchmark, untuk kecepatan yang sama, sebuah prosesor dua inti hanya memberikan hasil lebih baik 5% hingga 30% saja. Ini mungkin saja terjadi karena memang hampir semua aplikasi yang ada saat ini (termasuk game) belum dan tidak memanfaatkan teknologi prosesor dua ini tersebut.
Teknologi dua inti, baik di Core Duo atau Athelon64 2x mungkin baru akan maksimal terpakai tahun depan. Yaitu ketika industri software sudah cukup matang beradaptasi dengan cara baru ini, Sekaligus disandingkan pula dengan Windows Vista. Tapi kalau anda memutuskan membeli komputer saat ini, tak ada salahnya langsung memilih prosesor-prosesor baru ini. Hitung-hitung untuk investasi dengan jangka waktu pakai lebih panjang. Di notebook saja, produk-produk yang memakai Intel Centrino Duo (versi Core Duo di notebook) sudah membanji. AMD pun menyusul kemudian.
Anyway… Di samping prosesor-prosesor super mahal seperti Pentium EE aka. Extreme Edition (yang sepertinya segera disudahi produksinya) dan Athelon64 FX, kreasi-kreasi prosesor baru yang menggunakan dua inti prosesor ini layak menjadi penerus. Untuk sebuah PC gaming yang membutuhkan kecepatan kalkulasi tinggi, prosesor dua inti terbukti mampu bekerja lebih efisien. Meski segalanya memang masih bergantung pada kartu grafisnya. Di pasar Indonesia saat ini, belum banyak prosesor Core Duo beredar. Kalau ingin mencicipinya, paling banyak tersedia di notebook-notebook atau komputer merek Apple. Baik Intel Core Duo varian Conroe dan AMD Athelon64 X2 bisa dibilang barang mewah yang belum banyak tersedia di pasar saat ini.
CORE DUO: CONROE DAN TIGA REKANNYA
Intel Core Dua awalnya dikembangkan dari usaha memperbaiki Pentium M (untuk notebook). Proyeknya sudah pertama kali dirilis dipasar tanggal 5 januari 2006 lalu, menggunakan arsitektur kode proyek Yohan.
Yohan
Yohan adalah kode proyek untuk prosesor pertama Intel yang memakai teknologi 65mm bagi kepentingan kelas mobile (notebook). Prosesor ini dikembangkan dari varian Banias dan Dothan, Pentium M. Proyek tersebut kemudian menjelma menjadi standar industri prosesor PC baru, dengan sebutan Core Duo. Prosesor Core Duo adalah prosesor pertama di dunia yang memiliki dua inti dengan kategori low power (di bawah 25 watt), mengalahkan rekor milik Opteron. Intel Core Duo ini juga menjadi pilihan Apple, yang kemudian memutuskan hijrah ke kubu Intel sebagai produsen prosesor mereka. Intel Core Duo ini kemudian dikembangkan pertama oleh Intel untuk kepentingan notebook, menjadi Intel Centrino Duo Mobile Technology.
Sayangnya, proyek Yohan ini punya kelemahan. Intel Core Duo versi Yohan tidak bisa menggunakan EM64T. EM64T adalah ekstensi bagi prosesor milik intel agar mampu menerima proses 64-bit. Dulunya diciptakan untuk mengimbangi invasi AMD yang memerkan AMD Athelon64 dan AMD Turion64 (untuk notebook). Selain itu, untuk pasar yang lebih murah, Intel juga memproduksi prosesor Core Solo, versi satu intinya. Di agenda berikutnya, Intel akan memperbaiki varian Core Duo dengan menyertakan EM64T. proyek lanjutnya ini disebut Merom.
Sossaman
Proyek Sossaman adalah proyek Intel Core Duo yang ditujukan untuk Server. Prosesor ini resmi dijual oleh Intel sejak 14 Maret 2006 lalu, disebut resmi sebagai Intel Dual-Core Xeon LV. Secara sepesifikasi dan teknologi, prosesor Sossaman sama dengan Yohan. Begitu juga kelemahannya, Sossaman tidak memiliki dukungan 64-bit lewat EM64T.
Merom
Merom adalah kode proyek lanjutan dari Yohan dan Sossaman di keluarga Core Duo. Intel berencana merilisnya pertengahan tahun 2006. Merom akan menggunakan arsitektur baru dan tidak mengambil milik Pentium M. Merom memperbaiki kelemahan Yohan dan Sossaman. Merom akan meiliki EM64T untuk mendukung instruksi 64-bit, tandingan AMD Athelon64. Intel mengkalim bila prosesor Merom akan punya kinerja dan efisiensi 20% lebih baik ketimbang varian Yohan. berikut adalah lima calon tipe prosesor Core Duo yang menggunakan arsitektur Merom:
– Core Duo T7600 – 2.33 GHz (4 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T7400 – 2.16 GHz (4 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T7200 – 2.00 GHz (4 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T5600 – 1.83 GHz (2 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T5500 – 1.66 GHz (2 Mib L2, 667 MHz FSB)
Conroe
Conroe adalah versi desktop dari Merom (versi PC rumahan). Prosesor Conroe akan menggantikan Pentium4 dan Pentium D yang masih beredar di pasar sepenuhnya. Sehingga Core Duo kode Conroe akan menjadi tonggak peralihan keluarga baru prosesor Intel. Conroe akan dibangun dengan teknologi 65nm dan memiliki variasi kecepatan dari 1.66GHz hingga 3.33GHz. FSB-nya (Front Side Bus) bervariasi dari 800MHz, 1066MHz, dan 1333MHz untuk tipe Extreme Edition.
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
Kalau anda berencana beli komputer bulan-bulan ini, pasti akan bingung (bagi yang awam perkembangan dunia PC). Kok ngga ada lagi namanya Pentium4? well… Pentium4 sudah “dimusnahkan” oleh intel. Sebagai gantinya, Intel mempersembahkan koleksi Intel Dual Core (yang sempat dibuka dengan nama Pentium D). Sama halnya dengan Intel, pesaing terdekatnya, AMD, juga bikin manuver sama. Processor Athelon64 X2? Simpel. Artinya, dalam kepingan prosesor yang anda beli ini, didalamnya terdapat dua inti prosesor. Jadi ini adalah pengembangan dengan membuat multiprosesor dalam keping yang sama. Bisa jadi realisasi mimpi Hyper Threading Intel dulu..
Apa untungnya pakai prosesor dua ini? Lebih cepat tentunya. Karena mereka bekerja secara pararel, bisa saling berbagi tugas dalam memproses data. Tapi jangan keburu happy! Menggunakan dua inti prosesor, BUKAN berarti komputer akan bekerja dua kali lebih cepat lho! Bahkan, dari berbagai hasil benchmark, untuk kecepatan yang sama, sebuah prosesor dua inti hanya memberikan hasil lebih baik 5% hingga 30% saja. Ini mungkin saja terjadi karena memang hampir semua aplikasi yang ada saat ini (termasuk game) belum dan tidak memanfaatkan teknologi prosesor dua ini tersebut.
Teknologi dua inti, baik di Core Duo atau Athelon64 2x mungkin baru akan maksimal terpakai tahun depan. Yaitu ketika industri software sudah cukup matang beradaptasi dengan cara baru ini, Sekaligus disandingkan pula dengan Windows Vista. Tapi kalau anda memutuskan membeli komputer saat ini, tak ada salahnya langsung memilih prosesor-prosesor baru ini. Hitung-hitung untuk investasi dengan jangka waktu pakai lebih panjang. Di notebook saja, produk-produk yang memakai Intel Centrino Duo (versi Core Duo di notebook) sudah membanji. AMD pun menyusul kemudian.
Anyway… Di samping prosesor-prosesor super mahal seperti Pentium EE aka. Extreme Edition (yang sepertinya segera disudahi produksinya) dan Athelon64 FX, kreasi-kreasi prosesor baru yang menggunakan dua inti prosesor ini layak menjadi penerus. Untuk sebuah PC gaming yang membutuhkan kecepatan kalkulasi tinggi, prosesor dua inti terbukti mampu bekerja lebih efisien. Meski segalanya memang masih bergantung pada kartu grafisnya. Di pasar Indonesia saat ini, belum banyak prosesor Core Duo beredar. Kalau ingin mencicipinya, paling banyak tersedia di notebook-notebook atau komputer merek Apple. Baik Intel Core Duo varian Conroe dan AMD Athelon64 X2 bisa dibilang barang mewah yang belum banyak tersedia di pasar saat ini.
CORE DUO: CONROE DAN TIGA REKANNYA
Intel Core Dua awalnya dikembangkan dari usaha memperbaiki Pentium M (untuk notebook). Proyeknya sudah pertama kali dirilis dipasar tanggal 5 januari 2006 lalu, menggunakan arsitektur kode proyek Yohan.
Yohan
Yohan adalah kode proyek untuk prosesor pertama Intel yang memakai teknologi 65mm bagi kepentingan kelas mobile (notebook). Prosesor ini dikembangkan dari varian Banias dan Dothan, Pentium M. Proyek tersebut kemudian menjelma menjadi standar industri prosesor PC baru, dengan sebutan Core Duo. Prosesor Core Duo adalah prosesor pertama di dunia yang memiliki dua inti dengan kategori low power (di bawah 25 watt), mengalahkan rekor milik Opteron. Intel Core Duo ini juga menjadi pilihan Apple, yang kemudian memutuskan hijrah ke kubu Intel sebagai produsen prosesor mereka. Intel Core Duo ini kemudian dikembangkan pertama oleh Intel untuk kepentingan notebook, menjadi Intel Centrino Duo Mobile Technology.
Sayangnya, proyek Yohan ini punya kelemahan. Intel Core Duo versi Yohan tidak bisa menggunakan EM64T. EM64T adalah ekstensi bagi prosesor milik intel agar mampu menerima proses 64-bit. Dulunya diciptakan untuk mengimbangi invasi AMD yang memerkan AMD Athelon64 dan AMD Turion64 (untuk notebook). Selain itu, untuk pasar yang lebih murah, Intel juga memproduksi prosesor Core Solo, versi satu intinya. Di agenda berikutnya, Intel akan memperbaiki varian Core Duo dengan menyertakan EM64T. proyek lanjutnya ini disebut Merom.
Sossaman
Proyek Sossaman adalah proyek Intel Core Duo yang ditujukan untuk Server. Prosesor ini resmi dijual oleh Intel sejak 14 Maret 2006 lalu, disebut resmi sebagai Intel Dual-Core Xeon LV. Secara sepesifikasi dan teknologi, prosesor Sossaman sama dengan Yohan. Begitu juga kelemahannya, Sossaman tidak memiliki dukungan 64-bit lewat EM64T.
Merom
Merom adalah kode proyek lanjutan dari Yohan dan Sossaman di keluarga Core Duo. Intel berencana merilisnya pertengahan tahun 2006. Merom akan menggunakan arsitektur baru dan tidak mengambil milik Pentium M. Merom memperbaiki kelemahan Yohan dan Sossaman. Merom akan meiliki EM64T untuk mendukung instruksi 64-bit, tandingan AMD Athelon64. Intel mengkalim bila prosesor Merom akan punya kinerja dan efisiensi 20% lebih baik ketimbang varian Yohan. berikut adalah lima calon tipe prosesor Core Duo yang menggunakan arsitektur Merom:
– Core Duo T7600 – 2.33 GHz (4 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T7400 – 2.16 GHz (4 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T7200 – 2.00 GHz (4 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T5600 – 1.83 GHz (2 Mib L2, 667 MHz FSB)
- Core Duo T5500 – 1.66 GHz (2 Mib L2, 667 MHz FSB)
Conroe
Conroe adalah versi desktop dari Merom (versi PC rumahan). Prosesor Conroe akan menggantikan Pentium4 dan Pentium D yang masih beredar di pasar sepenuhnya. Sehingga Core Duo kode Conroe akan menjadi tonggak peralihan keluarga baru prosesor Intel. Conroe akan dibangun dengan teknologi 65nm dan memiliki variasi kecepatan dari 1.66GHz hingga 3.33GHz. FSB-nya (Front Side Bus) bervariasi dari 800MHz, 1066MHz, dan 1333MHz untuk tipe Extreme Edition.
tentang ROM
NAMA : RIO PERMANA PUTRA
KELAS : 2DB11
NPM :36110007
Read-only Memory (ROM) adalah istilah bahasa Inggris untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).
Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.
ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit ( bukan kilo byte ).
Mask ROM
Data pada ROM dimasukkan langsung melalui mask pada saat perakitan chip. Hal ini membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlah banyak. Namun hal ini juga menjadi sangat mahal karena tidak fleksibel. Sebuah perubahan walaupun hanya satu bit membutuhkan mask baru yang tentu saja tidak murah. Karena tidak fleksibel maka jarang ada yang menggunakannya lagi.
Aplikasi lain yang mirip dengan ROM adalah CD-ROM prerecorded yang familiar dengan kita, salah satunya CD musik. Berbeda dengan pendapat banyak orang bahwa CD-ROM ditulis dengan laser, kenyataannya data pada CD-ROM lebih tepatnya dicetak pada piringan plastik.
KELAS : 2DB11
NPM :36110007
Read-only Memory (ROM) adalah istilah bahasa Inggris untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).
Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.
ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit ( bukan kilo byte ).
Mask ROM
Data pada ROM dimasukkan langsung melalui mask pada saat perakitan chip. Hal ini membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlah banyak. Namun hal ini juga menjadi sangat mahal karena tidak fleksibel. Sebuah perubahan walaupun hanya satu bit membutuhkan mask baru yang tentu saja tidak murah. Karena tidak fleksibel maka jarang ada yang menggunakannya lagi.
Aplikasi lain yang mirip dengan ROM adalah CD-ROM prerecorded yang familiar dengan kita, salah satunya CD musik. Berbeda dengan pendapat banyak orang bahwa CD-ROM ditulis dengan laser, kenyataannya data pada CD-ROM lebih tepatnya dicetak pada piringan plastik.
Rabu, 30 November 2011
Sekilas Tentang VGA, VGA Card, Video Graphics Adapter
NAMA : RIO PERMANA PUTRA
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
Apa itu VGA?
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
VGA Card adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Semakin tinggi kemampuan VGA Card, maka semakin halus tampilan visual komputer ke monitor. Komputer harus memiliki VGA Card . VGA Card adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Semakin tinggi kemampuan VGA Card, maka semakin halus tampilan visual komputer ke monitor.
VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
Apa itu VGA?
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
VGA Card adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Semakin tinggi kemampuan VGA Card, maka semakin halus tampilan visual komputer ke monitor. Komputer harus memiliki VGA Card . VGA Card adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Semakin tinggi kemampuan VGA Card, maka semakin halus tampilan visual komputer ke monitor.
VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
Software Komputer dan Fungsinya
NAMA : RIO PERMANA PUTRA
KELAS : 2DB11
NPM : 36110007
Software atau perangkat lunak adalah data yang disimpan pada media penyimpanan data permanen seperti harddisk/disket/cd-r. Perangkat lunak ini dibuat untuk menjalankan perangkat keras komputer sehingga dapat berjalan sesuai fungsi yang diinginkan. Perangakat keras dapat juga berupa data-data seperti tulisan, gambar, atau video.
Pada awalnya perangkat lunak komputer dibuat hanya untuk satu tugas saja, sampai sekitar tahun 1960 an baru mulai muncul era perangkat lunak modern dengan berbagai fungsi. Alan Turing adalah salah satu yang berperan dalan rintisan awal perangkat lunak pada komputer Mark I.
Macam-macam perangkat lunak komputer :
1. Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dan sistem input-output. Contoh sistem operasi : Microsoft DOS, Microsoft Windows, Ubuntu (linux), Macintosh, dll
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
Shell atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input dari pengguna
Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Microsoft DOS dan Microsoft Windows
Sistem operasi mulai memasuki dunia komputer rumah tangga setelah adanya Microsoft DOS dari perusahaan software Microsoft. Sistem operasi ini belum menunjang penggunana komputer secara banyak tugas (multitasking) dan Sistem operasi baru memasuki dunia multi tasking setelah Microsoft merilis Sistem operasi baru dengan nama Microsoft Windows.
Microsoft Windows terus berkembang pesat sehingga merajai pasar perangkat lunak dunia. Diawali dengan larisnya Windows 95, Microsoft terus memperkokoh dominasinya dengan berturut-turut meluncurkan Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.
Macintosh dari Apple
Selain Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang lain adalah Apple dengan produknya yang dilabeli dengan nama Macintosh Operating System (MacOS). MacOS pertama diluncurkan pada tahun 1984 untuk menjalankan komputer apple yang diberi nama Macintosh. Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer buatan IBM.
KELAS : 2DB11
NPM : 36110007
Software atau perangkat lunak adalah data yang disimpan pada media penyimpanan data permanen seperti harddisk/disket/cd-r. Perangkat lunak ini dibuat untuk menjalankan perangkat keras komputer sehingga dapat berjalan sesuai fungsi yang diinginkan. Perangakat keras dapat juga berupa data-data seperti tulisan, gambar, atau video.
Pada awalnya perangkat lunak komputer dibuat hanya untuk satu tugas saja, sampai sekitar tahun 1960 an baru mulai muncul era perangkat lunak modern dengan berbagai fungsi. Alan Turing adalah salah satu yang berperan dalan rintisan awal perangkat lunak pada komputer Mark I.
Macam-macam perangkat lunak komputer :
1. Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dan sistem input-output. Contoh sistem operasi : Microsoft DOS, Microsoft Windows, Ubuntu (linux), Macintosh, dll
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
Shell atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input dari pengguna
Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Microsoft DOS dan Microsoft Windows
Sistem operasi mulai memasuki dunia komputer rumah tangga setelah adanya Microsoft DOS dari perusahaan software Microsoft. Sistem operasi ini belum menunjang penggunana komputer secara banyak tugas (multitasking) dan Sistem operasi baru memasuki dunia multi tasking setelah Microsoft merilis Sistem operasi baru dengan nama Microsoft Windows.
Microsoft Windows terus berkembang pesat sehingga merajai pasar perangkat lunak dunia. Diawali dengan larisnya Windows 95, Microsoft terus memperkokoh dominasinya dengan berturut-turut meluncurkan Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.
Macintosh dari Apple
Selain Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang lain adalah Apple dengan produknya yang dilabeli dengan nama Macintosh Operating System (MacOS). MacOS pertama diluncurkan pada tahun 1984 untuk menjalankan komputer apple yang diberi nama Macintosh. Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer buatan IBM.
Selasa, 29 November 2011
repparasi monitor komputer
NAMA : RIO PERMANA PUTRA
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
Reparasi Monitor komputer
Dalam menangani kerusakan monitor computer jenis CRT atau tabung, umumnya monitor CRT dengan pemakaian lebih dari 1 tahun akan sedikit banyak mengalami perubahan tampilan, biasanya agak buram, terlalu terang, terlalu gelap, gambar kurang cerah dsb. Pengalaman yang penulis akan uraikan bersifat urgent, dimana tidak diperlukan suatu keterampilan khusus dibidang elektronika dalam mempraktekkannya, paling tidak anda mengerti apa itu listrik, artinya ya anda harus hati-hati karena yang namanya listrik tu ga terlihat tapi dapat dirasakan.
Jeroan monitor identik dengan yang namanya “high voltage”, memang benar… karena didalam tabung monitor terdapat tegangan ribuan volt, koq bisa? Padahal tegangan listrik dirumah-rumah hanya 220 VAC, ya bisa… kan ada rangkaian yg berfungsi menaikkan tegangan, disini penulis ga membahas gimana cara naikin tegangannya tp lebih kepada praktisnya saja.
Tuk pengenalan, di dalam monitor ada sebuah komponen yg namanya “fly-back”, disinilah tegangan tinggi tersebut dikeluarkan menuju tabung monitor.
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
Reparasi Monitor komputer
Dalam menangani kerusakan monitor computer jenis CRT atau tabung, umumnya monitor CRT dengan pemakaian lebih dari 1 tahun akan sedikit banyak mengalami perubahan tampilan, biasanya agak buram, terlalu terang, terlalu gelap, gambar kurang cerah dsb. Pengalaman yang penulis akan uraikan bersifat urgent, dimana tidak diperlukan suatu keterampilan khusus dibidang elektronika dalam mempraktekkannya, paling tidak anda mengerti apa itu listrik, artinya ya anda harus hati-hati karena yang namanya listrik tu ga terlihat tapi dapat dirasakan.
Jeroan monitor identik dengan yang namanya “high voltage”, memang benar… karena didalam tabung monitor terdapat tegangan ribuan volt, koq bisa? Padahal tegangan listrik dirumah-rumah hanya 220 VAC, ya bisa… kan ada rangkaian yg berfungsi menaikkan tegangan, disini penulis ga membahas gimana cara naikin tegangannya tp lebih kepada praktisnya saja.
Tuk pengenalan, di dalam monitor ada sebuah komponen yg namanya “fly-back”, disinilah tegangan tinggi tersebut dikeluarkan menuju tabung monitor.
"Keamanan dan Kontrol Sistem Informasi
NAMA : RIO PERMANA PUTRA
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
1.PENTINGNYA PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI
Salah satu aset perusahaan yang paling berharga saat ini adalah sistem informasi yang responsif dan berorientasi pada pengguna. Sistem yang baik dapat meningkatkan produktifitas, menurunkan jumlah persediaan yang harus dikelola, mengurangi kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mempermudah pengambilan keputusan bagi manajemen serta mengkoordinasikan kegiatan dalam perusahaan. Oleh karena itu, audit atas pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi semakin dibutuhkan sehingga sistem yang dimiliki efektif dalam menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja. Disamping itu saat ini kesadaraan atas pentingnya pengendalian sistem informasi di kalangan manajemen perusahaan semakin tinggi.
Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
1. KONTROL PROSES PENGEMBANGAN
Selama fase disain dan analisis dari siklus hidup system, Analis System, DBA dan Manajer Jaringan membangun fasilitas kontrol tertentu dalam disain system. Selama fase implementasi, programmer menggabungkan kontrol tersebut ke dalam system. Disain system dikontrol dengan cara menggabungkan kontrol software menjadi lima bagian pokok. Untuk memastikan bahwa CBIS yg diimplementasikan dpt memenuhi kebutuhan pemakai atau berjalan sesuai rencana :
1.1 Fase Perencanaan
Mendefinisikan tujuan dan kendala
1.2 Fase Analisis & Disain
Mengidentifikasi kebutuhan informasi
Menentukan kriteria penampilan Menyusun disain dan standar operasi CBIS
1.3 Fase Implementasi
Mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima Memastikan apakah memenuhi criteria penampilan Menetapkan prosedur utk memelihara CBIS
1.4 Fase Operasi & Kontrol
Mengontrol CBIS selagi berevolusi selama fase SLC
Memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan
2.Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari
Tujuan pengontrolan adalah untuk memastikan bahwa CBIS telah diimplementasikan seperti yang direncanakan, system beroperasi seperti yang dikehendaki, dan operasi tetap dalam keadaan aman dari penyalahgunaan atau gangguan.
Penggelolaan Pengendalian-pengendalian yaitu kegiatan yang dilakukan manajer system Informasi untuk meyakinkan bahwa pengendalian didalam system Teknologi Informasi masih tetap dilakukan dan masih Efektif dalam mencegah ancaman dan gangguan terhadap system informasi.
Pengendalian system teknologi informasi ini terbagi dalam 2 bagian:
1. Pengendalian secara Umum
Merupakan system mpengendalian yang paling terluar yang harus dihadapi terlebih dahulu oleh pemakai system informasi.
1. Pengendalian Aplikasi
-Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
- Kontrol proses pengembangan.
- Kontrol desain sistem.
- Kontrol pengoperasian sistem.
Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
- Kontrol proses pengembangan
Kontrol proses pengembangan
Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
Yang termasuk dalam kontrol pengembangan :
1. Manajemen puncak menetapkan kontrol proyek secara keseluruhan selama fase perencanaan dengan cara membentuk komite MIS
2. Manajemen memberitahu pemakai mengenai orientasi CBIS
3. Manajemen menentukan kriteria penampilan yang digunakan dalam mengevaluasi operasi CBIS.
4. Manajemen dan bagian pelayanan informasi menyusun disain dan standar CBIS
5. Manajemen dan pelayanan informasi secara bersama-sama mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima,
6. Manajemen melakukan peninjauan sebelum instalasi yang dilakukan tepat setelah penggantian dan secara berkala meninjau CBIS untuk memastikan apakah ia memenuhi kriteria penampilan.
7. Bagian pelayanan informasi menetapkan prosedur untuk memelihara dan memodifikasi CBIS dan prosedur yang disetujui oleh manajemen.
3.
Kontrol proses pengembangan
Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
Yang termasuk dalam kontrol pengembangan :
1. Manajemen puncak menetapkan kontrol proyek secara keseluruhan selama fase perencanaan dengan cara membentuk komite MIS
2. Manajemen memberitahu pemakai mengenai orientasi CBIS
3. Manajemen menentukan kriteria penampilan yang digunakan dalam mengevaluasi operasi CBIS.
4. Manajemen dan bagian pelayanan informasi menyusun disain dan standar CBIS
5. Manajemen dan pelayanan informasi secara bersama-sama mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima,
6. Manajemen melakukan peninjauan sebelum instalasi yang dilakukan tepat setelah penggantian dan secara berkala meninjau CBIS untuk memastikan apakah ia memenuhi kriteria penampilan.
7. Bagian pelayanan informasi menetapkan prosedur untuk memelihara dan memodifikasi CBIS dan prosedur yang disetujui oleh manajemen.
Kontrol desain system
Selama fase disain dan analisis dari siklus hidup system, Analis System, DBA dan Manajer Jaringan membangun fasilitas kontrol tertentu dalam disain system. Selama fase implementasi, programmer menggabungkan kontrol tersebut ke dalam system. Disain system dikontrol dengan cara menggabungkan kontrol software menjadi lima bagian pokok, yaitu :
* Permulaan Transaksi (Transaction Origination)
Tahap-tahap yang harus dilakukan pada permulaan transaksi terdiri atas ;
*
o . Permulaan dokumen sumber
o . Kewenangan
o . Pembuatan input computer
o . Penanganan kesalahan
o . Penyimpanan dokumen sumber
* Entri Transaksi (Transaction Entry)
Entri transaksi mengubah data dokumen sumber menjadi bentuk yang dapat dibaca oleh komputer. Kontrol ini berusaha untuk menjaga keakuratan data yang akan ditransmisikan ke jaringan komunikasi atau yang akan dimasukkan secara langsung ke dalam komputer. Area kontrolnya meliputi atas :
*
o . Entri data
*
o . Verifikasi data
o . Penanganan kesalahan
o . Penyeimbangan batch
* Komunikasi Data (Data Communication)
Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang risiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada di dalam suatu ruangan. Area kontrol ini terdiri dari :
*
o . Kontrol pengiriman pesan
o . Kontrol saluran (channel) komunikasi
o . Kontrol penerimaan pesan
o . Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh
* Pemrosesan Komputer (Computer Processing)
Pada umumnya semua elemen kontrol pada disain system selalu dikaitkan dengan pemasukan data ke dalam komputer. Area kontrol pada pemrosesan komputer terdiri dari :
*
o . Penanganan data
o . Penanganan kesalahan
o . Database dan perpustakaan software
Sebagian besar kontrol database dapat diperoleh melalui penggunaan Sistem Manajemen Database (Database Management System/DBMS)
Tingkat keamanan dalam DBMS terdiri dari
*
o . Kata kunci (Password)
o . Direktori pemakai (User Directory)
o . Direktori elemen data (Field Directory)
o . Enkripsi (Encryption)
* Output Komputer (Computer Output)
Komponen subsistem ini bertanggung jawab untuk mengirimkan produk (output) kepada pemakai (user). Yang termasuk dalam area ini adalah :
* . Penyeimbangan operasi komputer
* . Distribusi
* . Penyeimbangan departemen pemakai
* . Penanganan kesalahan
* . Penyimpanan record
Kontrol pengoperasian system
Kontrol pengoperasian system didasarkan pada struktur organisasional dari departemen operasi, aktivitas dari unit yang ada dalam departemen tersebut.
Kontrol yang memberikan kontribusi terhadap tujuan ini dapat diklasifikasikan menjadi lima area :
1. Struktur organisasional
2. Kontrol perpustakaan
3. Pemeliharaan peralatan
4. Kontrol lingkungan dan kemanan fasilitas
5. Perencanaan disaster, meliputi area :
* Rencana keadaan darurat (emergency plan)
* Rencana back-up (backup plan)
*
o Rencana record penting (vital record plan)
o Rencana recovery (recovery plan
KELAS :2DB11
NPM : 36110007
1.PENTINGNYA PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI
Salah satu aset perusahaan yang paling berharga saat ini adalah sistem informasi yang responsif dan berorientasi pada pengguna. Sistem yang baik dapat meningkatkan produktifitas, menurunkan jumlah persediaan yang harus dikelola, mengurangi kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mempermudah pengambilan keputusan bagi manajemen serta mengkoordinasikan kegiatan dalam perusahaan. Oleh karena itu, audit atas pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi semakin dibutuhkan sehingga sistem yang dimiliki efektif dalam menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja. Disamping itu saat ini kesadaraan atas pentingnya pengendalian sistem informasi di kalangan manajemen perusahaan semakin tinggi.
Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
1. KONTROL PROSES PENGEMBANGAN
Selama fase disain dan analisis dari siklus hidup system, Analis System, DBA dan Manajer Jaringan membangun fasilitas kontrol tertentu dalam disain system. Selama fase implementasi, programmer menggabungkan kontrol tersebut ke dalam system. Disain system dikontrol dengan cara menggabungkan kontrol software menjadi lima bagian pokok. Untuk memastikan bahwa CBIS yg diimplementasikan dpt memenuhi kebutuhan pemakai atau berjalan sesuai rencana :
1.1 Fase Perencanaan
Mendefinisikan tujuan dan kendala
1.2 Fase Analisis & Disain
Mengidentifikasi kebutuhan informasi
Menentukan kriteria penampilan Menyusun disain dan standar operasi CBIS
1.3 Fase Implementasi
Mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima Memastikan apakah memenuhi criteria penampilan Menetapkan prosedur utk memelihara CBIS
1.4 Fase Operasi & Kontrol
Mengontrol CBIS selagi berevolusi selama fase SLC
Memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan
2.Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari
Tujuan pengontrolan adalah untuk memastikan bahwa CBIS telah diimplementasikan seperti yang direncanakan, system beroperasi seperti yang dikehendaki, dan operasi tetap dalam keadaan aman dari penyalahgunaan atau gangguan.
Penggelolaan Pengendalian-pengendalian yaitu kegiatan yang dilakukan manajer system Informasi untuk meyakinkan bahwa pengendalian didalam system Teknologi Informasi masih tetap dilakukan dan masih Efektif dalam mencegah ancaman dan gangguan terhadap system informasi.
Pengendalian system teknologi informasi ini terbagi dalam 2 bagian:
1. Pengendalian secara Umum
Merupakan system mpengendalian yang paling terluar yang harus dihadapi terlebih dahulu oleh pemakai system informasi.
1. Pengendalian Aplikasi
-Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
- Kontrol proses pengembangan.
- Kontrol desain sistem.
- Kontrol pengoperasian sistem.
Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
- Kontrol proses pengembangan
Kontrol proses pengembangan
Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
Yang termasuk dalam kontrol pengembangan :
1. Manajemen puncak menetapkan kontrol proyek secara keseluruhan selama fase perencanaan dengan cara membentuk komite MIS
2. Manajemen memberitahu pemakai mengenai orientasi CBIS
3. Manajemen menentukan kriteria penampilan yang digunakan dalam mengevaluasi operasi CBIS.
4. Manajemen dan bagian pelayanan informasi menyusun disain dan standar CBIS
5. Manajemen dan pelayanan informasi secara bersama-sama mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima,
6. Manajemen melakukan peninjauan sebelum instalasi yang dilakukan tepat setelah penggantian dan secara berkala meninjau CBIS untuk memastikan apakah ia memenuhi kriteria penampilan.
7. Bagian pelayanan informasi menetapkan prosedur untuk memelihara dan memodifikasi CBIS dan prosedur yang disetujui oleh manajemen.
3.
Kontrol proses pengembangan
Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
Yang termasuk dalam kontrol pengembangan :
1. Manajemen puncak menetapkan kontrol proyek secara keseluruhan selama fase perencanaan dengan cara membentuk komite MIS
2. Manajemen memberitahu pemakai mengenai orientasi CBIS
3. Manajemen menentukan kriteria penampilan yang digunakan dalam mengevaluasi operasi CBIS.
4. Manajemen dan bagian pelayanan informasi menyusun disain dan standar CBIS
5. Manajemen dan pelayanan informasi secara bersama-sama mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima,
6. Manajemen melakukan peninjauan sebelum instalasi yang dilakukan tepat setelah penggantian dan secara berkala meninjau CBIS untuk memastikan apakah ia memenuhi kriteria penampilan.
7. Bagian pelayanan informasi menetapkan prosedur untuk memelihara dan memodifikasi CBIS dan prosedur yang disetujui oleh manajemen.
Kontrol desain system
Selama fase disain dan analisis dari siklus hidup system, Analis System, DBA dan Manajer Jaringan membangun fasilitas kontrol tertentu dalam disain system. Selama fase implementasi, programmer menggabungkan kontrol tersebut ke dalam system. Disain system dikontrol dengan cara menggabungkan kontrol software menjadi lima bagian pokok, yaitu :
* Permulaan Transaksi (Transaction Origination)
Tahap-tahap yang harus dilakukan pada permulaan transaksi terdiri atas ;
*
o . Permulaan dokumen sumber
o . Kewenangan
o . Pembuatan input computer
o . Penanganan kesalahan
o . Penyimpanan dokumen sumber
* Entri Transaksi (Transaction Entry)
Entri transaksi mengubah data dokumen sumber menjadi bentuk yang dapat dibaca oleh komputer. Kontrol ini berusaha untuk menjaga keakuratan data yang akan ditransmisikan ke jaringan komunikasi atau yang akan dimasukkan secara langsung ke dalam komputer. Area kontrolnya meliputi atas :
*
o . Entri data
*
o . Verifikasi data
o . Penanganan kesalahan
o . Penyeimbangan batch
* Komunikasi Data (Data Communication)
Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang risiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada di dalam suatu ruangan. Area kontrol ini terdiri dari :
*
o . Kontrol pengiriman pesan
o . Kontrol saluran (channel) komunikasi
o . Kontrol penerimaan pesan
o . Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh
* Pemrosesan Komputer (Computer Processing)
Pada umumnya semua elemen kontrol pada disain system selalu dikaitkan dengan pemasukan data ke dalam komputer. Area kontrol pada pemrosesan komputer terdiri dari :
*
o . Penanganan data
o . Penanganan kesalahan
o . Database dan perpustakaan software
Sebagian besar kontrol database dapat diperoleh melalui penggunaan Sistem Manajemen Database (Database Management System/DBMS)
Tingkat keamanan dalam DBMS terdiri dari
*
o . Kata kunci (Password)
o . Direktori pemakai (User Directory)
o . Direktori elemen data (Field Directory)
o . Enkripsi (Encryption)
* Output Komputer (Computer Output)
Komponen subsistem ini bertanggung jawab untuk mengirimkan produk (output) kepada pemakai (user). Yang termasuk dalam area ini adalah :
* . Penyeimbangan operasi komputer
* . Distribusi
* . Penyeimbangan departemen pemakai
* . Penanganan kesalahan
* . Penyimpanan record
Kontrol pengoperasian system
Kontrol pengoperasian system didasarkan pada struktur organisasional dari departemen operasi, aktivitas dari unit yang ada dalam departemen tersebut.
Kontrol yang memberikan kontribusi terhadap tujuan ini dapat diklasifikasikan menjadi lima area :
1. Struktur organisasional
2. Kontrol perpustakaan
3. Pemeliharaan peralatan
4. Kontrol lingkungan dan kemanan fasilitas
5. Perencanaan disaster, meliputi area :
* Rencana keadaan darurat (emergency plan)
* Rencana back-up (backup plan)
*
o Rencana record penting (vital record plan)
o Rencana recovery (recovery plan
Langganan:
Postingan (Atom)